Blog 5 Bab IV Pengembangan Media Pembelajaran untuk Pendidikan Jasmani
NAMA :YANUAR AL FATH MARTYAN
NIM : 23060230087
KELAS:PJKR C
Bab ini secara spesifik akan membahas proses merancang, membuat, dan menguji media pembelajaran yang relevan dan efektif dalam konteks mata pelajaran Pendidikan Jasmani (PJOK). Mengingat karakteristik PJOK yang lebih fokus pada gerak dan praktik, pengembangan medianya memiliki pertimbangan khusus.
Berikut poin-poin penting yang umumnya dibahas dalam Bab IV Pengembangan Media Pembelajaran untuk Pendidikan Jasmani:
- Karakteristik Pembelajaran Pendidikan Jasmani: Bab ini akan mengulas kembali ciri khas PJOK yang melibatkan aktivitas fisik, pengembangan keterampilan gerak, kebugaran jasmani, nilai-nilai sportivitas, dan kesehatan. Pemahaman ini penting untuk mendasari pengembangan media yang tepat.
- Jenis-Jenis Media Pembelajaran yang Relevan untuk PJOK: Akan dibahas berbagai jenis media yang sesuai untuk PJOK, yang mungkin berbeda dengan mata pelajaran lain. Contohnya:
- Media Visual: Gambar rangkaian gerakan, poster teknik olahraga, video demonstrasi gerakan yang benar.
- Media Audio: Rekaman instruksi atau panduan gerakan, musik pengiring aktivitas ritmik.
- Media Audiovisual: Video tutorial keterampilan olahraga, film dokumenter tentang atlet atau cabang olahraga.
- Media Interaktif: Aplikasi simulasi gerakan olahraga, game berbasis aktivitas fisik (exergaming).
- Alat dan Sarana Olahraga yang Dimodifikasi: Pengembangan alat sederhana atau modifikasi alat yang ada untuk mempermudah pemahaman konsep atau melatih keterampilan.
- Prinsip-Prinsip Pengembangan Media Pembelajaran PJOK: Akan ada penekanan pada prinsip-prinsip khusus dalam mengembangkan media untuk PJOK, seperti:
- Visualisasi Gerak yang Jelas: Media harus mampu memperagakan gerakan secara detail dan mudah diikuti.
- Keamanan dan Keselamatan: Jika media melibatkan alat atau aktivitas fisik, aspek keamanan harus menjadi prioritas utama.
- Kesesuaian dengan Tingkat Perkembangan Siswa: Media harus disesuaikan dengan kemampuan motorik dan kognitif siswa.
- Mendorong Partisipasi Aktif: Media yang baik dapat memotivasi siswa untuk bergerak dan berpartisipasi dalam pembelajaran.
- Mengintegrasikan Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor: Media tidak hanya fokus pada gerakan fisik tetapi juga pemahaman aturan, strategi, dan nilai-nilai yang terkandung dalam aktivitas jasmani.
- Langkah-Langkah Pengembangan Media Pembelajaran PJOK: Bab ini akan menguraikan tahapan sistematis dalam mengembangkan media, mulai dari analisis kebutuhan, perancangan (desain visual, alur penggunaan), produksi (pembuatan materi), implementasi (uji coba), hingga evaluasi efektivitas media.
- Contoh Pengembangan Media Pembelajaran PJOK: Mungkin akan disajikan contoh-contoh konkret pengembangan media untuk topik-topik tertentu dalam PJOK, seperti pengembangan video tutorial teknik dasar bola basket, pembuatan poster rangkaian gerakan senam lantai, atau perancangan aplikasi sederhana untuk mencatat perkembangan kebugaran siswa.
Singkatnya, Bab IV pengembangan media pembelajaran untuk Pendidikan Jasmani akan membekali pembaca dengan pengetahuan dan keterampilan untuk secara spesifik merancang, membuat, dan menguji media yang efektif dan menarik dalam konteks pembelajaran gerak, keterampilan olahraga, kebugaran, dan nilai-nilai yang terkandung dalam Pendidikan Jasmani. Bab ini menekankan pentingnya mempertimbangkan karakteristik unik dari PJOK dalam setiap tahap pengembangan media.
Komentar
Posting Komentar